BERITA TERKINI
KOMENTAR TERBARU
RESENSI BUKU
image

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Lampuki Awali Kemeriahan Sastra Aceh

Judul: Lampuki
Penulis: Arafat Nur
Penerbit: Serambi
Terbit: Mei 2011
Harga: Rp49.000,-
ISBN: 978-979-024-354-5


Sepanjang perjalanan sastra yang diketahui secara umum di Aceh, hampir tidak ada yang terlalu menonjol. Awal tahun ini, tepatnya 17 Januari silam, Lampuki, novel karya Arafat Nur muncul secara mengejutkan setelah dinobatkan sebagai pemenang unggulan Sayembara Menulis Novel Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) 2010, yang merupakan ajang paling tua dan paling bergengi di Indonesia. Selanjutnya

CERPEN
image

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kulirik Wajah Ibu Berseri-seri

Cerpen Amri Rasyidin

Untuk kesekian kalinya Ibuku mengalami koma, tidak sadar diri akibat anfal jantung. Sudah dua jam beliau terbaring di bangsal, dengan tubuh dipasangi beberapa selang infus dan EKG (Echokardiografi). Aku, adik-adik, dan beberapa kerabat dekat kami, menunggu kepulihan beliau dengan tegang. Adikku yang paling kecil nampak mengeluarkan kitab suci ukuran kecil dari tasnya, lalu menggumamkan surah Yasin. Aku sendiri berdoa dalam hati sambil sesekali menyeka tetesan bening yang meleleh di pipiku... selengkapnya

CERBUNG
image

Tahun-Tahun yang Hilang di Afrika Selatan (Bagian 12)

Oleh Rully Ferdiansyah

Semua keluarga abah Ayub sudah mulai menyesuaikan diri di Sandvliet, termasuk Aisyah, yang sudah terbiasa hidup di lingkungan istana, kini sudah mulai membiasakan diri hidup di Afrika. Betapa senangnya perasaan lelaki tua itu melihat istri mudanya kini bisa ikut bahu membahu membantu istri tuanya dan murid-muridnya, membuka lahan pertanian Hanjeli dan membangun irigasi ... READ MORE

KOLOM OLAHRAGA
image

Nasib Singkarak Pasca TdS

Oleh Arief Kamil

Sumatra Barat baru-baru ini sukses menghelat hajatan besar, balap sepeda bertaraf internasional yang berlabel “Tour de Singkarak 2011”. 120 pembalap dari 15 negara berpartisipasi dalam kesuksessan lomba balap sebeda yang di klaim terbaik di Indonesia itu. Malahan untuk mempromosikan panorama alam di Sumbar, 70 media massa baik cetak maupun elektronik berpacu menginformasikan TdS ke khalayak ramai. Informasi seputar TdS dapat dikonsumsi melalui media lokal, nasional dan mancanegara termasuk Euro Sport... selengkapnya

PUISI HARI INI

Rahmizakia Rifka

MAMA, AKU BINGUNG DAN AKU MENGERTI

Hanya saja aku bingung jika telah menonton televisi
Aku berkata kepada mama
Mama… ada yang ingin aku ceritakan padamu
Mama gadis kecil itu hanya tersenyum lembut
Kemudian… gadis kecil itu melanjutkan ucapannya
selengkapnya...

IKLAN BANK ACEH
IKLAN DPPKA

PENGUNJUNG
RANDANG MAK NGAH
image

.

NOVEL BEST SELLER
image

RINAI KABUT SINGGALANG

Novel Karya
Muhammad Subhan
Pesan Segera!!!
Hubungi 0813 7444 2075
Plus Tandatangan Pengarang!!!

AIE ANGEK COTTAGE
image

.

BEASISWA
image

Beasiswa Unggulan untuk Pegawai Kemdiknas

Jakarta (www.korandigital.com) - Kementerian Pendidikan Nasional memberikan beasiswa bagi pegawai di lingkungan Kemdiknas melalui program Beasiswa Unggulan. Beasiswa yang diberikan meliputi biaya penuh terdiri atas biaya pendidikan dan biaya nonpendidikan meliputi biaya hidup, tunjangan buku, tunjangan operasional, tunjangan penelitian, dan biaya transpor. Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh menyampaikan, Kemdiknas memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada keluarga besar Kemdiknas nondosen untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensinya... READ MORE

KATA MUTIARA
image

Keberhasilan adalah mendapatkan apa yang anda inginkan. Kebahagaiaan adalah menginginkan apa yang anda dapat ~Dale Carnegie~

Satu-satunya ukuran keberhasilan anda yang jujur adalah apa yang sedang anda lakukan dibandingkan dengan potensi anda yang sebenarnya ~Paul J. Meyer~

Keberhasilan sesuai dengan potensi anda. Itu saja. Bangunlah dengan senyum dan sambut kehidupan, jalanilah, nikmati, cecaplah, cium, rasakan ~Joe Knapp~

 

Rahasia Sukses Bangsa Jepang: Teknologi Jepang Unggul di Dunia (6)

image

Oleh Risman Sirin

(Kontributor KoranDigital.Com di Jepang)

Tak salah kalau dikatakan bahwa Jepang lebih unggul menghasilkan teknologi otomotif. Dalam memproduksi otomotif posisi Jepang di dunia amatlah kokoh. Ada produsen lain di Amerika dan Eropa yang bisa membuat mobil lebih bagus daripada Jepang, tetapi produk Jepang tetap dominan di dunia. Tak heran bila Toyota Motor Corp lalu menjadi pembuat mobil nomor satu di dunia. Menyusul pesaingnya di belakang; Suzuki, Mitsubishi, dan Honda.

Tidak hanya produksinya laris, pelbagai gaya manajemen dan produksi Toyota lalu banyak jadi acuan. Pada tahun 2001 muncul buku Toyota Way yang memuat 14 prinsip tentang nilai dan perilaku yang harus diikuti karyawan. Dengan itu, apa yang dituturkan dalam sejumlah buku tentang kisah keberhasilan industri Jepang, seperti karya Carl Mosk (Japanese Industrial History: Technology, Urbanization, and Economic Growth, 2001) seolah dikuatkan. Jepang mencapai supremasi.

Pengalaman wartawan senior Kompas, Jakarta Ninuk Leksono, (Kompas.cetak, 2010) pernah mengunjungi pabrik Boeing yang legendaris di Everett, Seattle, beberapa tahun lalu. Ia melihat betapa efisiennya pembuatan pesawat yang merajai aeronautika dunia dewasa ini, mulai dari 737 Next Generation, 777, dan 747, pemandu Boeing tak malu-malu mengatakan, proses itu mereka ikuti (dengan lisensi) dari Toyota.

Jepang berkembang menjadi raksasa industri setelah membangun dari abad ke-17 hingga abad ke-20. Banyak kita yang masih ingat sejarah, bagaimana Komodor Perry dan satu armada Amerika Serikat (AS) pada 1856 membuka Jepang dan mengeksposnya pada kebudayaan dan teknologi Barat. Setelah itulah benih-benih keunggulan teknologi Jepang mulai bersemi, bahkan sampai  melahirkan modernisasi cepat. Keberhasilan Jepang mengalahkan Rusia dalam perang 1905 tak bisa dilepaskan dari rentetan kemajuan itu.

Tidak lama lagi mobil ramah lingkungan yang disebut green car technology. Mobil ini dengan tenaga hidrogen dan listrik akan berseliweran khususnya di Jepang dan Amerika Serikat. Jepang sebagai negara raksasa industri otomotif kini telah mencanangkan green technology untuk industri otomotifnya. Mobil ini akan direalisasikan dalam bentuk produksi massal menggantikan kendaraan tenaga BBM secara bertahap.

Sekarang, Jepang menjadi negara termaju dalam pengembangan mobil tenaga hidrogen dan listrik dibandingkan dengan AS. Padahal perintisnya AS yang semula lebih ngotot pada pengembangan mobil tenaga hidrogen dan listrik. Akan tetapi, justru Jepang secara diam-diam melakukan lompatan jauh untuk teknologi ramah lingkungan bebas dari ketergantungan minyak bumi.

Kemajuan pesat Jepang di teknologi mesin ramah lingkungan ini dimungkinkan oleh kerja sama erat industri mobil dengan industri elektronik yang memiliki kemampuan maju di bidangnya. Bahkan, untuk industri elektronik dan baterai bisa disebut Jepang meninggalkan AS maupun Eropa.

Ini bisa dilihat dari produksi berbagai perangkat elektronik yang begitu maju untuk TV dan komputer pribadi serta sistem baterai yang dihasilkannya. Dengan kolaborasi (kerjasama) sistem Jepang ini, industri mobil teknologi ramah lingkungan jauh meninggalkan negara lain.

NISSAN misalnya, berencana menjual mobil listriknya di AS dan Jepang tahun 2010 dengan penjualan global 2012. Toyota juga tengah melakukan uji coba di berbagai kota di Jepang, AS, dan Eropa, untuk mobil hibrida sistem isi ulang listrik yang relatif cepat.

Menurut Mike Omotoso pakar analis industri otomotif J.D. Power and Associates di Kalifornia, kemajuan pesat Jepang di industri mobil berteknologi hijau/ramah limgkungan (green technology) memberi dampak positif untuk perkembangan ekonomi Jepang.

Sebelum negara lain di dunia peduli pada efisiensi tenaga minyak bumi karena Jepang tak menghasilkan minyak, bertahap sejak 1985 memfokuskan pada teknologi tenaga nonminyak bumi. Hasilnya kini Jepang menjadi negara nomor 1 untuk industri baterai dengan produknya yang paling efisien. (Bersambung)

RISMAN SIRIN adalah guru Bahasa dan Sastra Indonesia SMA Negeri 1 Baso, Agam, Sumatra Barat ditugaskan mengajar di Sekolah Republik Indonesia Tokyo Jepang sejak 24 Agustus 2009 sampai sekarang.

Sun, 6 Jun 2010 @09:42
Tags: artikel


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 2+5+9

Copyright © 2018 www.korandigital.com · All Rights Reserved
Proudly Powered by DBS Webmatic